Berdasarkan visi dan misi Universitas Kristen Petra yang bertujuan untuk mendidik mahasiswa dan menghasilkan lulusan yang tinggi iman, tinggi ilmu, dan tinggi pengabdian yang memiliki kepedulian dan wawasan global, maka untuk itulah mahasiswa Universitas Kristen Petra tidak hanya dididik dan dilatih dalam bidang akademik saja, namun diharapkan secara AKTIF mengasah dan mengembangkan kemampuan soft-skills mereka.

Soft-skills adalah suatu kemampuan mendasar manusia yang terkait erat dengan karakter, etika dan kemampuan sosial seseorang. Contoh: kemampuan kepemimpinan, tanggung jawab, organisasi, komunikasi, negoisasi, kerja sama, etika kerja yang baik, inisiatif, pengambilan keputusan, pencarian solusi permasalahan (problem solving), dan lainnya. Kemampuan soft-skills perlu untuk dilatih, membutuhkan waktu untuk mengembangkannya dan sangat penting untuk sukses di masa depan.

Jajak pendapat yang dilakukan oleh Pusat Karir Universitas Kristen Petra kepada industri dan alumni, diperoleh hasil bahwa dunia profesional membutuhkan lulusan yang mempunyai kualitas soft-skills yang baik. Survey lainnya menunjukan hasil bahwa keberhasilan di dunia kerja didukung oleh keuangan (10%), keahlian bidang (20%), network/jaringan (30%), dan soft-skills (40%).

Hal ini menjadi pemicu bagi Universitas Kristen Petra untuk membekali mahasiswa dengan soft-skills yang dibutuhkan oleh lulusan nantinya. Proses pengembangan soft-skills mahasiswa dalam bidang kepemimpinan dan manajerial di Universitas Kristen Petra tidak terlepas dari Kebenaran Kristiani yang ditanamkan dalam semua kegiatan. Selama ini, Universitas Kristen Petra melalui sumber daya yang ada telah melakukan berbagai aktivitas untuk mengembangkan soft-skills mahasiswa, dengan proses pembinaan dan pendampingan yang dimulai sejak tahapan mahasiswa baru, berlanjut dengan berbagai pellatihan dari tahun ke tahun perkuliaan sampai pembinaan karir untuk persiapan kelulusan.

Proses pembinaan mahasiswa ini tercermin dalam Alur Pola Pengembangan Kemahasiswaan (Polbangmawa) Universitas Kristen Petra. Secara umum, target Polbangmawa Universitas Kristen Petra adalah menciptakan lulusan yang mengimplementasikan konsep Servant Leadership, yaitu pemimpin yang memiliki kompetensi Spiritual; Emosional; Manajerial; Keilmuan, teknologi, dan kesenian.


KeteranganOperation
Survey Customer Statification Indicator (CSI) BAKA[Klik Disini]
Pengajuan SKKK Eksternal dan Penghargaan Ekstrakurikuler[Klik Disini]
Tes Calon Astor[Klik Disini]

e-Government :: Rekapitulasi SKKK Prodi Akses Terbatas
Pemesanan Piutang Kegiatan
Pengajuan SKKK Online